Survival Kehidupan

Hidup adalah suatu anugerah yang tak ternilai harganya, maka dari itu kita harus mensyukuri dan menghargai hidup sebagaimana mestinya. Salah satu bentuk penghargaannya adalah memperjuangkannya agar senantiasa dapat tetap hidup. Kita harus mempunyai struggle for life dimanapun kita berada. Semakin besar kita memiliki struggle for life semakin besar pula penghargaan atas hidup yang telah diberikanNya.

Survival berasal dari kata survive yang berarti mempertahankan hidup. Definisi survival adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat mempertahankan hidup dalam melewati kondisi kritis yang dihadapinya. Proses bertahan hidup penting dilakukan oleh setiap orang, bukan hanya pada kegiatan outdoor tapi semua orang harus paham apa dan mengerti tentang bertahan hidup dalam arti yang sesungguhnya.

Sekarang muncul pertanyaan, kapan harus melakukan proses bertahan hidup? Pentingnya pengetahuan tentang bertahan hidup berkaitan dengan munculnya kondisi kritis. Adanya kesamaan aspek yang akan muncul setiap kondisi survival. Secara umum aspek – aspek tersebut dapat dipisahkan dalam tiga golongan, yaitu :

    Psikologis : panik, takut, cemas, kesepian/sendiri, bingung, tertekan.
    Fisiologis : sakit, lapar, haus, luka, lelah, capek, letih.
    Lingkungan : panas, dingin, kering, hujan, angin, flora, fauna.

Mengapa kita harus bertahan hidup? itu mungkin yang terlintas dalam pikirku saat ini. Saya analogikan seperti teori evolusi darwin tentang sekelompok jerapah; ada jerapah dengan leher panjang dan ada jerapah dengan leher pendek. Sekelompok tersebut makan daun muda dari tumbuhan, jerapah dengan leher pendek merasa susah mencari makan dikarenakan menggapainya daun muda sangat sulit. Alhasil akhirnya yang tetap bertahan hidup adalah jerapah dengan leher panjang karena asupan makanan dari pohon tetap tersedia.

Sekelumit cerita diatas adalah perjuangan tuk bertahan hidup, Ada beberapa komponen penting dalam survival; (1) Air; merupakan bahan penting dalam tubuh manusia, hampir 70% penyusun komponen tubuh manusia. Saya artikan air dalam arti luas adalah siraman rohani. (2) Api; pemberi semangat. (3) Bivak sebagai perlindungan dan (4) Bahan makanan sebagai asupan energi. Survival: Air (mengisi ruang, penyegar) Api (panas, semangat) Bivouk (pelindung) Makanan (asupan, masukkan, saran).

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.