Kami bangun Pukul 06.00 WITA, setelah selesai solat kemudian bersiap-siap karena hari ini mulai ada pemberian materi. Agenda acara tidak sesuai dengan jadwal yang diberikan pada peserta, sarapan baru tiba pukul 09.00 WITA dan pemberian materi baru dimulai pukul 09.30 terlambat 1 jam setengah dari yang dijadwalkan. Pemateri yang memberikan materi adalah pengurus dari wanariset rarung. Wanariset rarung merupakan daerah konservasi yaitu sebagai tempat pembudidayaan tanaman- tanaman komoditas dan juga tanaman khas NTB. Materi awal yang diberikan yaitu perkenalan 10 jenis tanaman NTB berserta manfaat dan cara pembudidayaannya.
Pukul 10.30 WITA kami diajak berkeliling kawasan konservasi, disana kami diberitahu morfologi dari jenis pohon yang telah dijelaskan di awal pemberian materi tadi. Selain itu kami diajak berkeliling didalam rumah kaca yang masih terletak satu kawasan dengan tempat kami berkemah dan wilayah konservasi. Didalam rumah kami kami melihat bebera bibit dari jenis pohon yang kami temui di wilayah konservasi. Di dalam rumah kaca ini dikhususkan untuk proses perkecambahan bibit, setelah bibit tumbuh dan mencapai umur yang telah ditentukan kemudian proses tumbuh tanaman tersebut dipindahkan ke area sebelah rumah kaca yang areanya cukup luas. Pukul 12.00 WITA pemateri selesai menjelaskan materi dan kemudian acara selanjutnya istirahat, sholat dan makan.
Materi selesai lebih awal yang seharusnya baru selesai pukul 14.00 WITA, sehingga untuk mengisi waktu kosong kami diajak berjalan-jalan kesungai oleh panitia. Sungainya lumayan tidak terlalu jauh dengan berjalan kaki selama 20 menit kami sudah sampai dilokasi yang di tuju. Sungainya memang tidak terlalu besar, tapi air yang mengalir begitu jernih dan menyegarkan. Dari sungai ini lahan pertanian disekitar terairi dan tetap bisa dipanen. Usai kami cukup melihat pemandangan di sekitar sungai kamipun kembali menuju basecamp karena hari telah sore.
Sepanjang perjalanan menuju basecamp jikalau mata kita jeli ternyata di semak-semak pinggir jalan yang kita lalui terbapat banyak tanaman arbei. Tak jarang kami berhenti untuk memetik arbei. Pukul 16.30 kami tiba di basecamp. Setibanya kami di basecamp kami mandi, makan dan bersiap untuk tidur. Seperti biasa sebelum kami bersiap untuk beristirahat, kami duduk didekat perapian untuk menghangatkan tubuh sambil bergiliran bercerita tentang daerah masing- masing.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.