Rute jalan ke gunung Rinjani,

Stasiun kiaracondong jam 6 pagi KA kelas ekonomi 41.000 jurusan bandung-surabaya stasiun gubeng; klo tepat jam 22.15 nyape di gubeng langsung beli tiket ke arah banyuwangi kelas eksekutif ± 45rb. Tapi klo KA dari Bandung telat datengnya mendingan tunggu aja di Gubeng alias nginep disana. Baru beli tiket bsk pagi untuk jam 9.15 ke arah banyuwangi ke stasiun baru banyuwangi nyampe jam 16.00, di pintu keluar jgn percaya sama calo bnyak bgt yg nawarin ke bali mpe terminal ubung. Rute : ekonomi; dari pintu keluar dari stasiun baru banyuwangi keluar lurus ke arah jalan raya trus tnya pelabuhan ketapang dimana? Dari sana beli tiket untuk nyebrang harga Cuma 4br, mpe pelabuhan gilimanuk bali, oh ya siapin KTP pas keluar dari pelabuhan diminta dan ditanyain mo ngapian ke bali, bilang aja anak bagong numpang lewat, alias Cuma mo ke lombok pak polisi. Dari pelabuhan gilimanuk 1 lagi jgn percaya ma calo brengsek, pasti para calo ntar Tanya, “Mo kemana Mas?” bilang aja mo ke Aceh, atau ke Papua. Dari pelabuhan gilimanuk nyampe kira2 jam 17.00 dipotong nunggu, beli tiket dll, oh ya klo mo beli nasi Tanya dulu isinya apa?daging babi apa gk?
Nyebrang dari ketapang mpe gilimanuk Cuma 15 menit, foto2 dah view-nya bagus. Awas hati2 mabok laut. Dari gilimanuk Tanya ma petugas yg pke baju seragam warna biru muda,”pak, terminal gilimanuk dimana ya?jalan kaki aja, gampang dah. Dari sono cari mini bus (mirip bus ¾ kayak cililin), cari bus kearah terminal ubung, itu dari terminal ke terminal lagi 4 jam-an dah (klo gk salah), bayar Cuma 20rb. Dari terminal ubung bali, naek bus lagi ke pelabuhan padang bai, 4 jam lagi (sama klo gk salah 20rb).
Dari pelabuhan padang bai ke pelabuhan lembar (6jam klo gk salah), bayar Cuma 7rb. Inget bnayk calo, paling2 bnyak ditanyain sama kayak diatas mo kemana mas?inget bilang aja mo ke aceh/papua.alias jgn diladenin tuch calo. Dari pelabuhan lembar, dari situ naek bus elf, mpe ke terminal mandalika (rp. 25rb/orang). Dari terminal mandalika liat-liat klo ada truk pengankut sayur mendingan naek itu, lumayan murah meriah sambil liat pemandangan, mo ke senaru.tp klo gk ada mendingan naek elf lagi (25rb/orang) kearah sembalun lawang.

Jalur pendakian : titik awal sembalun lawang, bayar tiket masuk 10rb/orang.
Sembalun Lawang – Pemantuan (Pos I) – Tengengean (Pos II) – Pada Balong (Pos III) – Plawangan 2 – Puncak Rinjani – Plawangan 2 – Danau Segara Anak – Plawangan 1 – Mondokon Lolak (Pos III) – Montong Satas (Pos II) – Senaru

Nb: jalur jelas, gk ada belokan, klo start dari sembalun lawang berangkat jam 5 pagi, ntr subuh dijalan, samain jam sama di lombok. Pke HP yg operator XL/simpati Cuma ada itu aja sinyalnya, indosat gk bakal ada, apa lagi 3 jelas kosong.

Jalur pulang dari senaru kearah terminal mandalika, trus sama dah kearah pelabuhan lembar. Trus…trus…sama dah…
Oh yak lo mo beli oleh2 khas lombok beli di selama perjalanan menuju terminal mandalika ada minuman khas lombok, brem namanya gk ada alkoholnya ko, kalem aja.

Okeh klo ada yang ditanyain hub aja: YM :bh36_cijantung
rinjani tea

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.