Tubuh

tak pernah bisa saya bayangkan, seandainya satu bagian saja dari tubuh ini mengeluh dan memutuskan untuk berhenti bekerja...

otak berkata: aku lelah bekerja, yang lain mah enak aja, tinggal jalan doank, sedangkan aku tiap detik harus berputar... berpikir... kadang aku pusing, tapi masi saja harus dan dipaksa bekerja... bahkan terkadang saat tidurpun aku dihantui mimpi buruk yang mengambil kesadaranku sementara yang lain boleh beristirahat dengan tenang... aku lelah bekerja, dituntut harus cerdas, disalahkan saat semua tak bejalan dengan tepat... kadang akulah yang dimaki2 bodoh...

mata berkata: aku lelah melihat, menjadi cahaya buat tubuh... aku harus menangkap semua hal bahkan yang tak kusuka...aku lelah menangis, kalau-kalau bagian yang lain sakit... aku yang harus bersusah payah memicu kelenjar airmata yang kadang membuatku bengkak dan tampak jelek. kalau aku sedang tidak bercahaya atau kelelahan, mereka bilang aku lemah... aku lelah dipaksa begadang... aku lelah harus berkedip...

mulut berkata: aku bosan mengunyah, menjadi saluran nutrisi bagi semua bagian. kadang makanan membuatku bau... akun lelah menuruti bagian yang lain, kadang pedas kadang asin kadang manis... kadang dingin kadang panas... aku kasihan pada lidah... bila ada bagian lain yang sakit aku disuruh merasakan pahit yang amat ku benci. aku bosan berkata-kata, mengeluarkan sesuatu demi menjaga image sang tubuh, kadang aku terpaksa berbohong... kadang aku digunakan tak henti-hentinya untuk bersilat lidah...

tangan berkata: aku capek bekerja, melakukan semua hal... semuanya hampir aku yang melakukan... memasukkan makanan, menyetir , menulis, mengangkat beban, memegang sesuatu, mengetik tiada henti, memijat, mengusap, keramas, mengobati, sms, menyisir, memasak, mencuci, menyeterika, membuka lemari, memakai baju... semuanya harus aku yang melakukan... bahkan sampai cebokpun aku yang melakukan... sungguh, terkadang teramat lelah...

kaki berkata: aku yang paling lelah, karena aku yang melangkah... membawa tubuh yang berat untuk melakukan sesuatu..aku di injak dan menginjak yang tak pantas disentuh oleh bagian tubuh lain... aku yang paling lelah, bau dan jelek... kadang kotor tanpa dipedulikan... aku yang mengantar tubuh ke tempat2 indah, tapi kadang tak diperdulikan...aku yang ini selalu menanggung beban berat dan selalu berada di bawah...


kita ini mungkin bagian tubuh dari sesuatu... kadang merasa paling sombong, paling berat bekarja, paling rendah atau yang lainnya.... kadang kita lupa, semua memiliki kapasitas dan peran yang sama besar....
andai semua orang mau jadi kepala, siapa yang mau jadi kaki?? siapa yang mau jadi tangan??
kita ini mungkin satu tubuh...
punya peran yang berbeda tapi sama besar...
tak perlu merasa paling, karena tanpa salah satu bagian tubuh, yang lain juga tak akan bisa berbuat banyak...
kita ini memang diciptakan berbeda, karena TUHAN memang menciptakan manusia dengan tujuan yang spesifik dan special...

tak penting kamu jadi kaki atau tangan atau mulut atau mata, atau otak atau hati atau apapun,
kamu akan sangat berarti buat yang lain, kalau kamu melakukan tugasmu dengan tepat...

jadi apapun, kamu sangat berarti...
karena kita ini satu tubuh....

'I'm very special because no one have created like me, God made me very special...'

-41209-Ajeng pinto

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.