Hati-Hati Dengan Short URL

Dunia 140 karakter ternyata tidak menjamin para kaum muda Indonesia bahkan dunia menjadi yang tereksis. bahkan sanking begonya main asal nge-klik aja short url (alamat pendek) misal aja yah kayak gini nih: http://bit.ly/pPxEjJ http://bit.ly/ngqokT atau ini http://alturl.com/b75hd bahkan bisa ini http://tinyurl.com/7xezn4u 

banyak domain yang menyediakan short url, mulai dari goo.gl shortURL.com tinyurl.com bitly.com dan masih banyak lagi. hati-hati bro klo main asal ngeklik tuh short url, bisa-bisa lo malah meluncur ke situs porno atau situs yang mengandung spam bug, bahkan virus.
Jakarta, Detik Inet - Penyebar email sampah (spammer) semakin lihai menjalankan aksinya. Hal ini setelah kian derasnya pemanfaatan layanan penyingkat URL sebagai tameng perlindungan spammer. Akibatnya, penggunaan link yang sudah disingkat membuat penangkal anti-spam tradisional sulit untuk memblokir pesan berdasarkan sidik jari URL.

Symantec Intelligence melaporkan bahwa awal tahun ini para spammer telah membuat layanan penyingkat URL milik mereka sendiri agar bisa lebih menyembunyikan situs-situs spam mereka dan membuatnya sulit untuk diblokir. Analisa sepanjang bulan Oktober 2011 pun diindikasikan bahwa gang spam dengan paling tidak 80 situs penyingkat URL telah beroperasi, yang semuanya menggunakan pola penamaan yang sama dan menggunakan domain level atas .info.

Namun, tidak seperti situs-situs penyingkat URL yang terungkap awal tahun ini, situs-situs tersebut adalah situs-situs penyingkat URL umum yang bekerja dengan baik. "Spammer menggunakan skrip penyingkat URL open source gratis untuk mengoperasikan situs-situs tersebut. Setelah membuat banyak URL pendek, spammer kemudian mengirim spam mereka termasuk URL-URL tersebut," jelas Paul Wood, Senior Intelligence Analyst Symantec Cloud.

"Spammer menggunakan subjek yang menarik perhatian, seperti 'It's a long time since I saw you last!', 'It's a good thing you came' dan seterusnya. Ini adalah taktik rekayasa sosial umum dan didesain untuk membangkitkan rasa ingin tahu, terutama untuk mereka yang memiliki rasa aman semu mengenai keamanan dari tautan yang disingkat," lanjutnya.
bagaimana cara menangulanginya? berikut tips dari gue:

  1. pastikan url yg mendekin adalah temen lo atau yg lo kenal, pasti dia gk akan buat macem-macem
  2. tanya dolo sama sang pembuat short url "situs apa bro?"
  3. klo masih gk percaya buka situs http://longurl.org/ tinggal lo copy paste short url tersebut trus klik expand aja deh. gampang
  4. yeaahh selesai deh
berikut gu kasih tutorial pke gambar aja yah..


1. sekarang lo buka tuh situs http://longurl.org/  

2. lo copy urlshort-trus paste-klik expand
3. selesai deh, gampangkan!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.