Harapan Itu Masih Ada

pernah kalian meradang terhadap perubahan yang terjadi pada diri anda. padahal perubahan tersebut menuju ke arah yang lebih baik. dahulu ada kata pepatah mengatakan bahwa jangan terlalu sibuk dengan urusan yang terlalu menguras hati. tak usah banyak berpikir, dan tak usah banyak bertindak. sedang saja. seimbang. tak boleh banyak berpikir dan tak boleh banyak bertindak. 

ada teman yang mengatakan kepada saya, eh klo lo jadi seorang pemimpin, lo mo jadi pemimpin yang sebagai raja atau pembantu? saya pun tak memilih keduanya. karena sosok seorang pemimpin bisa menjadi seorang raja dan bahkan seorang pemimpin bisa menjadi pembantu. fleksibel.

intervensi bisa menjadi berdampak sistemik terhadap seseorang atau kelompok. dan itu bisa terjadi. intervensi terhadap beberapa hal dan dianggap perlu itu saja. karena pada dasarnya intervensi membuat orang menjadi bingung atas pendiriannya sendiri.

*dalam proses pembentukan dream team seperti itu, ada lemahannya juga. kadang seseorang yang secara individu sebenarnya hebat tidak berhasil masuk tim. seseorang yang sulit bekerja dalam sebuah tim, seseorang yang individualistisnya tinggi, dan seseorang yang memiliki potensi konflik biasanya tersisih dari organisasi yang mengutamakan kerja tim.
dalam kehidupan sehari-hari saya sering melihat seseorang yang integritasnya luar biasa baik, kejujurannya luar biasa hebat dan disiplinnya sangat tinggi, tersisih dari sebuah tim. kesan yang muncul lantas sangat negatif, tersisih karena jujur, atau orang-orang yang jujur sengaja disisihkan. orang-orang yang pintar sengaja tidak dipakai.
karena itu untuk kebaikan semua pihak, saya berharap agar orang-orang yang jujur dan berintegritas tinggi bisa melengkapi dirinya dengan leadership agar semua orang jujur bisa masuk tim dan semua orang yang berintegritas tinggi bisa tampil memimpin. sayang sekali kalau ada orang yang bersih tapi terlalu menyombongkan diri dengan kebersihannya. akhirnya tercipta suasana seolah-olah hanya dia yang bersih, apalagi kalau dia justru selalu menuduh orang-orang di sekitarnya tidak ada yang bersih.

orang yang kaku biasanya sulit diterima dalam sebuah tim. termasuk orang bersih sekali pun. karena itu kita sangat memerlukan orang-orang yang bersih dalam jumlah yang banyak tapi juga bukan orang-orang yang kaku, yang sepertinya ingin masuk surga sendirian.



memang kaku atau fleksibel itu sangat nisbi. simaklah SMS yang beredar luas ini:
jika seorang bos tetap pada pendiriannya disebut konsisten.
jika anak buah tetap pada pendiriannya disebut kaku.
jika bos sering berubah pendapat disebut fleksibel.
jika anak buah sering berubah pendapat disebut plin-plan.
jika bos bekerja lambat disebut teliti.
jika anak buah bekerja lambat disebut malas.
jika bos cepat mengambil keputusan disebut berani.
jika anak buah cepat mengambil keputusan disebut grusa-grusu.
jika bos melanggar prosedur dianggap penuh inisiatif.
jika anak buah melanggar prosedur dianggap tidak tahu aturan.
jika bos mengatakan sesuatu itu mudah dianggap optimistis.
jika anak buah mengatakan mudah dianggap sok tahu.
jika bos sering mengintertaint orang, itu disebut lobby.
jika anak buah melakukannya disebut pemborosan.
walhasil, santai sajalah!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.