Catatan Kelabu Gunung Cijambu 3


diskusi (red: obrolan)
Seperti cita-cita saudaraku Dadang yang ingin sekali mendaki puncak Gunung Cartenz, menikmati keindahan dan merasakan keluh kesah dalam perjalanannya. Saya masih ingat kala itu kita berjelaga bareng di kaki Gunung Manglayang sehabis memantau saudara-saudara anggota muda yang melakukan pembuatan mushola Barubeureum (Mushola Jabbal Nur). Perapian kecil yang masih menyala di depan tenda dan dua orang lelaki didekatnya. Belum ada percakapan apapun dari dua lelaki ini. Hanya hisap demi hisap rokok kemudian dihembuskan asapnya. Keduanya terlena dalam dinginnya malam ini, menghangatkan hati dengan perapian, saling menunggu dengan kegelisahan untuk memulai sebuah percakapan yang diingatnya kala itu. Dan percakapan dilanjutkan di lembahan kaki Gunung Pangparang diantara percabangan Sungai Cibogo :
Dadang    : “udah lama bgt gk berjelaga bareng yah, kayak dulu lagi, urg kangen pisan lah!”
Saya         : “heuh lur, kumaha mnh jeung si sri?”
Dadang    : “ahh kitu weh, mnh kumaha perkembangan? Geus punya bogoh can?”
Saya         : “urg pny prinsip lur, biarlah urg menjadi Secret admirer weh. Sebenarnya ada sih seseorang berjilbab nu urg suka, tp urg malu dang and gk mau pacaran lur, nanti weh langsung nikah, pan pacaran setelah nikah lebih ajibbb (Sambil menjulurkan jempolnya!!) urg mah sabar weh”
Dadang    : “ahh mnh mah elehan, ku wanita ben!”
Saya         : eh tong kitu, urg pny cerita yeuh, ada Pasutri yg sudah menikah 10 tahun, tiba-tiba sang suami mengajak sang istri berkuda ke tengah hutan. Ditengah perjalanan ada sebuah sumur tua yg cukup dalam, dengan sekonyong-konyong sang suami mendorong sang istri kedalam sumur, trus dengan tanpa bersalah dia mencoba berlalu dan trus berkuda, gk sampe 5 menitan sang suami merasa iba dan kasian, dia membalikkan arah dan menuju sumur tua. Sang suami mencoba menarik timbaan dan kaget ternyata yg dia angkat adalah lelaki perkasa yg hitam kelam.
“Loh kemana istriku? Kamu siapa?” Tanya suami tsb.
“Istrimu masih ada didalam sana. Aku ini Jin penunggu sumur tua ini, aku hidup sudah seratus tahun didalam sana” Jawab Jin.
“Trus kenapa kamu keluar dari sumur ini? “Aku sudah tidak tahan mendengar ocehan wanita itu” Jawab Jin.
Saya         : “tah apa yg bisa dipetik?”
Dadang    : “si jin gk kuat menahan celoteh wanita itu”
Saya         : “itu baru ditinggal 5 menit si Jin sudah gk kuat mendengar celotehan wanita.     Pelajaran khususnya kudu sabar menghadapi celotehan wanita, dang”
Dadang    : “celoteh camar tolol dan cemar, dong ben!! Hahaha!!! JJ
Saya         : “eta mah judul lagu iwan fals lur…” JJ.

Mereka berdua pun tertawa ditengah gelapnya malam. Malam kembali berbalut sunyi, dingin kembali menusuk hati dua lelaki ini. Saya menyelesaikan hisapan terakhir rokoknya, puntungnya dibuang ke perapian yang sudah mulai redup. Dadang sebentar melirik jam tangan Swiss Army bajakan, jam 00.33 WIB mereguk habis sisa kopi susu dalam satu gelas yang diminum bergantian dengan sahabat terbaiknya, dan percakapan kembali berlanjut.

Saya         : “kumaha pos 1 aman terkendali lur?”
Dadang    : “sip” (sambil menganggukkan kepala)
Saya         : “siapa namanya dang?” (sambil menunjuk ke tenda eiger)
Dadang    : “ohh, anak KSR ben, yg satu namanya sari dan satunya anjani”
Saya         : “mmm”. (sambil menerawang)
Dadang    : “naon ben, cakep yahh, luchu imut2 gituh jiga budak leutik,,”
Saya         : “kenapa wanita Indonesia paling males kalo disuruh pake helm saat naik motor?”
(Mulai dah guyonan)
Dadang    : “naon nyak??takut rambutnya rusak, (salah) taluklah ben!”
Saya         : “karena tujuh di antara sepuluh wanita Indonesia bilang lebih aman pake KOTEX”
(Mereka pun tertawa) hehehehaahahahaha.. J
Dadang    : “udah jam 1 pagi ben, bsk perjalanan tim lebih berat, kudu istirahat”
                   “urg masih mau menikmati malam indah ini, ben”
                   “besok perjalanan ke bukit 1695 mdpl lebih berat,ben”
Saya         : “siplah, tp pang bangunin subuh ya?”


***

1 comment:

  1. Anonymous8/20/2011

    asa kenal eta foto om..hahah

    by : komandan

    ReplyDelete

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.