Fenomena Twitter Dan Komunikasi Hewan

komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal (wikipedia). 

komunikasi secara biologis dapat diartikan sebagai suatu aksi atau tindakan dari suatu organisme yang dapat merubah suatu pola tingkah laku pada organisme lain dengan berbagai cara dan bentuk penyesuaian diri yang dilakukan oleh satu atau kedua organisme yang bersangkutan. bentuk penyesuaian diri yang dilakukan dapat berupa pemberian sinyal, pemberian respon (tanggapan) ataupun keduanya, dimana hal tersebut telah terprogram secara genetik melalui tahapan-tahapan dalam seleksi alam. pada dasarnya komunikasi adalah suatu bentuk interaksi atau hubungan antara satu organisme dengan organisme yang lain. dapat disebut tidak terjadi komunikasi apabila suatu aksi hanya berasal dari satu organisme saja tanpa adanya tanggapan atau respon dari organisme yang lain.

fenomena jejaring sosial (facebook, twitter, blogger, dll) mengindikasikan "penyampaian informasi" sudah meraja rela, hal tersebut dapat dibuktikan dengan maraknya pengguna facebook dan twitter. yang gw akan bahas kali ini adalah media jejaring sosial twitter sebagai microblog terpopuler saat ini (karena 63 juta pengguna Twitter di seluruh dunia). twitter sebagai "tempat komunikasi" yang secara langsung berhubungan erat dengan komunikasi hewan secara umum blogs. 

langsung aja blogs, ada beberapa hal penting dan menarik dalam komunikasi hewan yg berhubungan dengan komunikasi manusia: 
(1) komunikasi kimia: banyak hewan berkomunikasi dengan bau, mereka menghasilkan feromon untuk saling mengirim pesan satu dengan yang lainnya. biasanya feromon memegang bagian penting dalam reproduksi dan perilaku sosial lainnya. feromon digunakan oleh beragam hewan, termasuk insekta, serigala, rusa dan banyak lagi. feromon berasal dari kata "fer" (membawa) dan "hormon" (hormon) dan artinya "pembawa hormon". feromon adalah isyarat yang digunakan di antara hewan se-spesies dan biasanya diproduksi dalam kelenjar khusus untuk disebarkan.

contoh kasus: (a) hewan: beberapa jenis serangga sangat dominan dalam komunikasi kimia ini yg guna menarik lawan jenis (alat pemikat seksual). semut menggunakan feromon sebagai jejak menuju ke sumber makanan. (b) manusia: fenomena langka terhadap komunikasi yang terjadi khususnya twitter adalah adanya RT (retweet) atau klo boleh saya artikan lebih jauh adalah "pembawa pesan". disini menariknya blogs setiap ada tweet yang bagus, menarik, informatif dan ingin kita sebarkan bisa via twitter dengan meng-RT-kan, fungsinya menyebarkan kembali sebuah tweet lengkap dengan informasi kita mengutip tweet tersebut dari siapa. 

(2) komunikasi sentuhan: komunikasi dengan sentuhan berkembang secara maksimal dimana hanya jika kita tertarik untuk menemukannya, saat-saat intim atau agresi, perdamaian, pertemanan dan hubungan induk dan anak pada hewan yang menggunakan kontak badan yang sangat dekat. isyarat antena semut yang dilakukan dengan bersentuhan ini digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya dimulainya makan, ajakan, dan pertemuan sosial agar teman-teman se-sarang saling kenal-mengenal. 

contoh kasus: (a) hewan: chimpanzee saat bertemu akan saling menyentuhkan tangan. komunikasi semut dengan bersentuhan antena dalam memelihara organisasi intrakoloni membuktikan penggunaan "bahasa antena" dalam arti sepenuhnya. (b) manusia: dalam contoh manusia adalah @ (baca: at) atau lebih terkenal mentions. sudah jelas ini adalah komunikasi dua arah, manusia adalah makhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain di lingkungannya. satu-satunya alat adalah komunikasi baik secara verbal maupun  non verbal.

yg ke (3) komunikasi visual: melihat secara langsung adalah gambaran bentuk dari sistem komunikasi visual. khusus pada hewan komunikasi ini adalah jenis kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan. 

contoh kasus: (a) hewan: sistem komunikasi yang paling rumit dari semua binatang, yakni perayaan “waggle dance” pada lebah madu (Apis mellifera). “waggle dance” merupakan suatu gerakan lebah madu dengan menggetar-getarkan tubuhnya sehingga terlihat seperti suatu tarian. saat lebah pekerja pencari pakan menemukan sumber makanan atau sarang yang baru pada jarak tertentu dari sarangnya, maka lebah tersebut (betina) menyampaikan lokasi dari target yang didapatkannya kepada lebah pekerja yang lain dengan melakukan “waggle dance”. dari sebuah tarian tersebut biasanya lebah juga menginformasikan sebuah peta atau arah menuju titik sumber makanan tersebut. (b) manusia: pada kasus ini ada dua point utama komunikasi visual yaitu twitpic (twet picture) dan penggunaan # (baca: hashtag) atau tagar. kenapa hashtag hal ini dikarenakan kita sebagai pencari informasi bisa melihat dan mencari (search) dengan hashtag kata tersebut. itulah beberapa fenomena jejaring sosial twitter yang berhubungan erat dengan komunikasi hewan menurut pendapat saya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.