Contoh Penulisan Berita

Gedung Baru Rektorat Universitas Padjadjaran [Jatinangor, 3 Januari 2011] Universitas Padjadjaran yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Kota Bandung, berupaya melengkapi sarana dan prasarana menuju To Be Recognized as World Class University. Sesuai dari visi misi Unpad yang dibuktikan oleh Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA., selaku Rektor Unpad saat ini berupa peresmian Gedung baru Rektorat Unpad.

Bergaya megah bak stadion sepak bola, gedung rektorat unpad menempati luas wilayah 8 ribu meter persegi dikawasan Jatinangor, Sumedang-Jawa Barat kaki Gunung Manglayang. Ditambahkan dari Ketua Pimpinan Proyek Drs. Joko Santoso mengatakan gedung baru tersebut merupakan desain berbentuk lingkaran simetris terdiri dari lima lantai, dilengkapi dengan berbagai fasilitas ruang rapat, ruang kerja, multimedia, ruang siaran dan seminar, serta hotspot area dan mess area.

Ganjar Kurnia menambahkan pembangunan gedung rektorat Unpad yang baru di Kampus Jatinangor diperkirakan menelan dana Rp 10 Miliar dan estimasi waktu dimulai dari 1 Januari 2010 dan diperkirakan selesai sampai dengan 31 Januari 2012.

Tujuan dibangunnya gedung rektorat unpad sendiri untuk mempermudah aktifitas dan pelayanan publik dengan mahasiswa itu sendiri hal ini dikarenakan sebagian besar Fakultas Universitas Padjadjaran berada di Jatinangor. Selain dari itu Ganjar Kurnia menceritakan sebenarnya keinginan ini sudah lama yaitu Universitas Padjadjaran berada dalam satu kawasan dan Jatinangor merupakan tempat yang strategis, menurutnya.

“Pembangunan gedung rektorat ini sebenarnya merupakan mega proyek sejak dahulu” papar Drs. Amir Suheli selaku Pembantu Rektor Unpad bidang Umum. Sudah lama dicanangkan Unpad berada dalam satu wilayah di Jatinangor. “Sehingga tidak ada pembagian wilayah-wilayah secara parsial, dan dicanangkan tahun 2013 semua gedung yang berada di Bandung yaitu Pascasarjana, LPPM, D3 MIPA dan lainnya akan dipindahkan semua di Jatinangor ini” tambah Amir Suheli.

Penjelasan berita:
  1. What (apa) : Gedung baru Unpad
  2. Who (siapa) :Universitas Padjadjaran
  3. When (kapan): 1 Januari 2010 s/d 31 Januari 2012 dan menelan dana Rp 10 Miliar
  4. Where (dimana) : Jatinangor, Sumedang-Jawa Barat
  5. Why (mengapa) : Gedung tersebut merupakan realisasi dari program kerja Unpad sejak dahulu
  6. How (bagaimana) : Untuk mempermudah aktifitas dan pelayanan publik, Jatinangor merupakan tempat yang strategis sebagai kawasan pendidikan.
Artikel ini disampaikan pada program seleksi penerimaan reporter di perguruan tinggi negeri ternama.
Beni Hermawan, S.Si

catatan kecil: semua data dan informasi yang terkandung dalam berita tersebut adalah data palsu, dan tidak benar adanya, ini merupakan contoh berita.

4 comments:

  1. mantap gan tipsnya memang 5w + 1h hehehe

    ReplyDelete
  2. contoh berita yang baik seperti itu toh, makasih gan

    ReplyDelete
  3. berita sepeti itu menjadi standarnya ya kan gan caranya?

    ReplyDelete
  4. makasih ya penjelasannya :)

    ReplyDelete

Terimakasih Untuk Komentar Anda Di Artikel Ini.